Potensial Kejutan Meski Minim Raksasa

Piala FA
Potensial Kejutan Meski Minim Raksasa
Rossi Finza Noor - detiksport


AFP






 Jakarta - Ketika Premier League libur akhir pekan ini, kompetisi sepakbola Inggris bakal diramaikan oleh perhelatan Piala FA. Meski sudah banyak tim besar yang gugur, bukan berarti Piala FA sudah pasti kehilangan unsur kejutan.

Chelsea menjadi satu-satunya tim raksasa asal Premier League yang masih bertahan. Manchester United, Liverpool dan Arsenal sudah gugur lebih dulu di babak-babak sebelumnya.

Ketiga anggota Big Four itu takluk di tangan tim-tim yang lebih gurem. Hal ini menjukkan daya magis Piala FA yang kerap memunculkan para pembunuh raksasa belumlah hilang.

The Blues akan bertemu dengan penghuni League Championship, Cardiff City. Di atas kertas, laga ini seharusnya tak sulit untuk Chelsea. Kekalahan dari Everton di Premier League pun disinyalir tak akan mengganggu.



'Si Biru' bisa menurunkan tim terbaiknya lantaran tak akan terganggu jadwal Liga Champions yang akan mulai bergulir pada tengah pekan depan. Pasukan Carlo Ancelotti ini baru akan bertemu dengan Inter Milan pada leg I babak perdelapanfinal pada 24 Februari 2010.

Chelsea kemungkinan besar tak akan diperkuat oleh John Terry. Sang kapten dikabarkan akan diberikan istirahat oleh pihak klub setelah didera berbagai masalah--pertama skandal perselingkuhannya mencuat dan ban kapten Inggris-nya dicopot.

Di lain laga, anggota Premier League lainnya, Manchester City, akan bertarung menghadapi Stoke City. The Citizens wajib waspada lantaran di babak sebelumnya Stoke menghadirkan kejutan dengan menyingkirkan Arsenal.

Tim Premier League lainnya yang saling berhadapan adalah Bolton Wanderers dan Tottenham Hotspur. Belakangan performa Spurs di liga cukup miris. Tim arahan Harry Redknapp ini belum pernah meraih kemenangan dalam tiga laga terakhir. Yang teranyar, mereka takluk 0-1 di tangan Wolverhampton Wanderers.

Namun, Bolton sendiri juga sama jebloknya. The Trotters melewatkan lima pertandingan terakhir di liga dengan tiga kekalahan. Catatan terbaik mereka sepanjang itu adalah kala menang 1-0 atas Burnley.

Jadwal Babak Kelima Piala FA (13-14 Februari 2010)

Crystal Palace vs Aston Villa
Manchester City vs Stoke City
Derby County vs Birmingham City
Bolton Wanderers vs Tottenham Hotspur
Chelsea vs Cardiff City
Fulham vs Notts County
Reading vs West Bromwich Albion
Southampton vs Portsmouth

Foto: Chelsea, satu-satunya tim raksasa asal Premier League yang masih bertahan di Piala FA (AFP).