Persib Antisipasi Sayap Persebaya



Persib Antisipasi Sayap Persebaya

Meski memperoleh kemenangan pada laga melawan Persik Kediri di Stadion Brawijaya Kediri, Selasa (9/2) lalu, namun Persib masih menyimpan sedikit kelemahan. Salah satunya, Persib acap kali telat mengantisipasi bola dari para pemain belakang.

Hal itu tampak dari sejumlah serangan yang berujung pada peluang terjadinya gol Persik dalam laga tersebut. Hal itu pun diakui asisten pelatih Persib Bandung, Yusuf Bachtiar.

"Itu memang salah satu kelemahan pada pertandingan kemarin. Bola yang dibuang jauh para pemain belakang selalu jatuh ke pemain lawan. Akibatnya lawan kembali dapat menguasai permainan," ulasnya.


Menurutnya, hal itu terjadi saat lawan tidak dapat masuk ke daerah pertahanan Persib yang digalang lebih ketat. Setelah frustrasi karena tidak bisa melakukan penetrasi, lawan biasanya melakukan umpan-umpan panjang. Umpan-umpan panjang pun masih bisa dihalau pemain belakang Persib.

"Sayangnya terkadang posisi pemain tengah terlalu jauh dengan lini belakang. Dari bola-bola muntah seperti itu, Persik bisa melakukan penetrasi atau melakukan passing ke penyerangnya. Itu cukup berbahaya," katanya.

Untungnya, hal itu hanya terjadi di babak pertama. Usai jeda, para pemain tengah dan pemain belakang saling mengerti arah bola yang akan dibuang. Hasilnya gol Cristian Gonzales di menit 54 dan gol Hilton Moreira di menit 80 tercipta dari bola halauan para pemain belakang.

Yusuf memperkirakan, hal ini akan terjadi kembali saat Persib menghadapi Persebaya Surabaya, Minggu (14/2) mendatang. Persebaya diperkirakan akan mengandalkan kecepatan Mat Halil dan Andi Odang untuk menggalang serangan dari sayap.

Sebagai antisipasi, sudah kita siapkan beberapa pemain di sektor sayap untuk melawan pergerakan pemain Persebaya. Saat tuan rumah frustrasi tidak bisa melakukan penetrasi, mereka pasti akan melakukan serangan melalui umpan-umpan panjang.

"Karena kita sudah memiliki pengalaman seperti itu, kesalahan yang lalu tidak boleh terulang. Bahkan hal itu harus menjadi peluang bagi Persib untuk melakukan serangan balik," katanya.

Source: GM