Penting Sebelum ke Eropa

Liga Italia Pekan ini
Penting Sebelum ke Eropa
Andi Abdullah Sururi - detiksport

 







Jakarta - AC Milan sepertinya tidak boleh mengurangi kekuatannya untuk pertandingan liga akhir pekan ini meskipun beberapa hari kemudian akan menghadapi laga berat di Liga Champions.

Tidak bisa tidak bahwa fans Milan berharap Massimo Ambrosini dkk tidak kehilangan angka lagi saat meladeni Udinese di San Siro hari Jumat (12/2/2012) malam besok. Dua kekalahan dan dua hasil seri dari empat pertandingan terakhirnya sudah terlalu merugikan.

Alih-alih merapat ke Inter di puncak klasemen, mereka malah digusur AS Roma di posisi kedua. Moral pemain menjadi taruhan, terlebih mereka juga sudah pula tersingkir dari Coppa Italia -- ditekuk Udinese.

Yang tak kalah penting buat mereka adalah, hasil seri apalagi kalah di pertandingan besok bukanlah persiapan yang bagus secara psikologis untuk menghadapi Manchester United di leg pertama babak 16 besar Liga Champions Selasa depan.




Maka pelatih Leonardo perlu meramu baik-baik lagi formula apa yang bisa meremajakan permainan timnya sehingga bisa kembali ke fase terbaik mereka sebulan dan sesudah pergantian tahun. Paling tidak, kekalahan di Coppa minggu lalu bisa dipecahkan solusinya sehingga tidak terjadi untuk kali kedua  berturut-turut.

Sementara itu Inter bisa menggenjot lagi laju mereka untuk meninggalkan rival-rivalnya semakin jauh, setelah sedikit melambat gara-gara ditahan Parma 1-1 tadi malam. Inter takkan pecah konsentrasi karena agenda mereka melawan Chelsea di Eropa baru dilakoni minggu depan, karena pertengahan pekan nanti stadion dipakai oleh Milan saat menjamu MU.

Namun, Napoli yang menjadi lawan mereka hari Minggu (14/2) ini tidak bisa dipandang remeh. Sebabnya adalah mereka sedang berada di zona Liga Champions (urutan keempat) dan akan tampil di depan pendukungnya sendiri di San Paolo.

Tim Liga Champions yang lain, Fiorentina, dipastikan membagi fokusnya ke dua tempat terkait agenda penting mereka melawan Bayern Munich di Allianz Arena hari Rabu depan. Kemungkinan besar Cesare Prandelli lebih mengutamakan Eropa karena posisi mereka di kompetisi lokal pun sedang tidak bagus, ada di peringkat ke-12. Sabtu ini La Viola bertemu Sampdoria di Luigi Ferraris.

AS Roma perlu untuk menjaga ritme performanya yang sedang aduhai berkat kemenangan tanpa jeda dari lima pertandingan terakhirnya. Toh berkat kerja keras itu "Serigala" ibukota telah berhasil menggusur Milan di peringkat dua klasemen sementara.

Untuk memberi tekanan buat Inter, dan juga menghindari digeser lagi oleh Milan, Roma semestinya bisa tampil optimal saat dijamu Palermo (13/2), walaupun lima hari kemudian harus turun di ajang Europa League melawan Panathinaikos.

Tim lain yang perlu mendapat perhatian khusus adalah Juventus dan Lazio. Juve masih mencari kemenangan semenjak melakukan pergantian pelatih dari Ciro Ferrara ke Alberto Zaccheroni. Genoa menjadi tantangan besar buat Zaccheroni untuk membuktikan bahwa penunjukan dirinya tidaklah salah dan bisa mengatrol "Si Nyonya Tua" ke tempat yang lebih tinggi.

Motivasi serupa dimiliki Edy Reja yang kini membidani Lazio. Melawan Parma di Olimpico adalah tugas pertama dia untuk mewujudkan tekadnya mengeluarkan Biancoceleste dari zona degradasi, yang ditinggalkan pelatih sebelumnya, Davide Ballardini.

Sumber : Detik Sepakbola